Ads (728x90)

 

 PORSEMA ke 10 di MTs PP ZAMIGA, dibuka secara resmi oleh Kasi Penmad Kemenang Pasaman Barat


Pasaman Barat, zamiganews.com -----Pekan Olahraga dan Seni Madrasah (PORSEMA) ke-10 tingkat MTs se Induk KKM MTs N 6 Pasaman Barat (Pasbar) yang dilaksanakan 26-17 Januari 2022 di MTs PP ZAMIGA Parit Kecamatan Koto Balingka berlangsung dengan meriah dan sukses.


Kegiatan yang diikuti 12 madrasah tsanawiyah itu merupakan agenda tahunan dalam rangka mempererat trali silaturrahmi. Juga  sekaligus ajang mencari bibit berbakat dala berbagai bidang sesuai yang dilombakan.


 Dihadiri juga oleh Caat Koto Balingka


Di antaranya adalah cabang Olahraga terdiri dari, Volly Ball Putra, Volly Ball Putri, Takraw, Tenis Meja Putra dan Tenis Meja Putri. Sedangkan cabang seni adalah lombah group qasidah rebana. Dan bidang keagamaan yang dilombakan adalah Tilawah Putra dan Putri, Tahfis Qur'an putra dan putri serta lomba pidato bahaa arab, bahasa indonesia dan Pidato Bahasa Inggris.


Cabang olahraga  khususnya volly ball, karena memakan waktu yang agak lama, maka dimulai pada hari pertama Rabu 26 Januari 2022. Dan pembukaan resmi dilaksanakan pada Kamis pagi 27 Januari 2022, yang dibuka langsung oleh Kepala Kakan Kemenag Pasbar yang diwakili Plt. Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad), Bakrizal.


 KUA Koto Balingka


Pembukaan Porsema  itu juga dihadiri Camat Koto Balingka, Bahrul Ilmi, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Syahril, Walinagari Parit, Hendri bersama perangkatnya, kepala MTsN 6 Pasaman Barat, Arispan dan para kepala madrasah lainnya.


Dalam sambutannya, Bakrizal menyampaikan, Porsema tidak saja sebagai ajang pertandingan atau lomba dalam berbagai jenis kegiatan yang ditampilkan. Akan tetapi, juga ajang mencari bakat dan minat di kalangan peserta didik.


Di kalangan Kementerian Agama, mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga ke tingkat nasional, selalu melaksanakan sejumlah kegiatan. Semuanya berupa pertandingan olahraga, dan aneka lomba seni. Di kalangan madrasah, dikenal dengan Kompetensi Sain Madrasah (KSM), kemah pramuka, dan sebagainya.


 Acara pembukaan


Di kalangan pondok pesantren, ulas Bakrizal, ajang kompetensi santri dinamakan dengan Porsadin (Pekan Olahraga dan Seni Diniyah), aneka kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka hari santri. Untuk siswa yang menekuni bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI), yaitu para siswa lembaga pendidikan umum, mulai tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK, momen pertandingan dan seninya dinamakan dengan Pentas Pais.


"Porsema yang dilaksanakan di MTs PP Zamiga Parit ini, adalah langkah yang tepat, untuk mempersiapkan atlet atau peserta berbakat di berbagai cabang. Sehingga setiap ada momen, tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga ke tingkat nasional, orang-orang yang menjadi utusannya telah ada", sebutnya.


Tidak kalah pentingnya, tambah Bakrizal, Porsema yang dilaksanakan selama dua hari dan diikuti  MTs se- induk KKM MTsN 6 Pasaman Barat, juga sebagai ajang silaturrahmi antar sesama. Apakah di kalangan antar siswa, maupun antar kepala madrasah bersama majelsi gurunya. 


 Acara Pembukaan


Sebelumnya, Ketua Panitia yang juga Kepala MTs PP Zamiga, Irti Zamin mengatakan, PORSEMA merupakan program khusus dan kesepakan kepala madrasah yang tergabung dengan KKM MTs N 6 Pasaman Barat. Dan pada tahun 2022 ini, MTs PP Zamiga dipercaya sebagai tuan rumah.


Menurutnya, PORSEMA pernah vakum selama satu tahun karena pandemi Covid-19, yakni pada tahun 2020. Dan biasanya PORSEMA ini digelar pada bulan desember menjelang penerima rapor setiap akhir tahun.


Para Guru ZAMIGA dan siswa SMK ZAMIGA sebagai panitia pelaksana 


"PORSEMA ini pernah terhenti karena pandemi Covid 19 yakni pada tahun 2020. Namun karena sudah mulai meredan, maka disepakati dalam rapat KKM Oktober lalu, bahwa PORSEMA dilaksanakan kembali pada tahun ini, namun agak terlambat karena dilaksanakan Januari, " jelas Irti, yang juga seorang jurnalis senior di Pasbar.


Lanjutnya, " Alhamdulillah berkat kekompakan dan kesatuan dari seluruh keluarga besar ZAMIGA, baik para majelis guru maupun yayasan. Sehingga acara ini dapat berlangsung dengan baik dan sukses, " ujarnya.


Seluruh rangkaian kegiatan pun terlaksana dengan baik. Ribuan siswa dari 12 adrasah memadati halaman ZAMIGA, mulai dari pemain dan juga penonton setiap perlombaan. Dan pada akhir acara dilalsanakan penyerahan hadiah untuk setiap cabang dan perlombaan.  *** tria/ irz