Ads (728x90)

 


  Jumpa dalam Momen Kultum Jumat Pagi bersama ibuk Hj. Yunisra  Syahiran, S.Pd, Anggota DPRD Sumbar (18 Februari 2022)


Pasaman Barat, zamiganews.com ---- Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Hj. Yunisra Syahiran, S.Pd, jumpa silaturrahmi dalam momen Khultum Jum’at pagi (18/02/2022) di Pondok Pesantren Zaminul Ghairi (Ponpes ZAMIGA) Parit Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Kunjungan yang penuh berkah ini, disambut dengan hangat oleh keluarga besar ZAMIGA.

 

Seperti biasa, setiap Jum’at pagi dilaksanakan kegiatan didikan rohani (dikroh) yang diisi dengan lantunan ayat suci Al Qur’an, kultum, tahfis dan juga ulasan oleh guru agama (ustadz/ustazah). Namun kali ini cukup istimewa karena adanya kunjungan silaturrahmi dari Hj. Yunisra.

 

 Jumpa dalam Momen Kultum Jumat Pagi bersama ibuk Hj. Yunisra  Syahiran, S.Pd, Anggota DPRD Sumbar


“Selamat datang kami ucapkan kepada Ibu Hj, Yunisra Syahiran, anggota DPRD Sumbar yang berasal dari Silaping Ranah Batahan yang telah hadir bersama kita dalam momen kultum Jum’at ini, “ kata Pimpinan ZAMIGA, Irti Zamin, SS

 

Lanjutnya,    keluarga besar Ponpes ZAMIGA mengucapkan terima kasih atas kesediaan Ibu Yunisra Syahiran meluangkan waktunya menyambangi pesantren Zamiga yang berdiri sejak tahun 2014 dan diresmikan tahun 2016 lalu yang ketika itu dihadiri Alm. H. Syahiran dan Ibu  Yunisra sendiri.


Hj. Yunisra Syahiran, S.Pd ketika hadir dalam Jum'at Berkah dan Kultu bersama di Pondok Pesantren ZAMIGA Parit

 

“Pesantren ZAMIGA ini memiliki tingkatan tsanawiyah yang dibuka  sejak tahun 2014 dan tingkatan SMK yang berdiri sejak tahun 2016. Dalam perkembangannya kami dari pihak yayasan merasakan sulitnya meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana karena keterbatasan dana. Maka kami sangat bermohon bantuan pemerintah dan kiranya ibuk dapat membantu kami, “ harap Irti.
 
Dipaparkan irti, fasilitas yang sangat dibutuhkan saat ini, di antaranya, ruang kelas baru 3 unit, ruang praktek siswa dan peralatannya, pebangunan asrama, musholla, MCK dan lainnya.

 


Sementara itu, Hj. Yunisra dalam sambutannya menyampaikan ucapan salut atas upaya pihak yayasan dalam pengembangan pesantren tersebut. Dia juga motivasi kepada santri ZAMIGA untuk selalu semangat belajar dalam menggapai cita-cita.


“Saya salut dengan perjuangan pihak yayasan yang dipimpin Irti Zamin yang selalu berupaya untuk pengembangan pesantren ini walau dengan serba keterbatasan. Kalaulah seandainya ada aturan yang membolehkan dana pokir bisa dihibahkan, saya akan bantu dengan pokir saya untuk penambahan sarana dan prasarana disini, apakah itu ruang kelas atau ruang praktek, “ katanya.


 

Dia menjelaskan, sejumlah sekolah baik di Pasbar maupun Pasaman yang telah dibantunya dengan mengakokasikan dan pokir untuk berbagai fasilitas pendidikan. Namun semuanya sekolah negeri di bawah koordinasi pemerintahan provinsi.


“Walau demikian kita akan berupaya bagaimana program bantuan untuk faslilitas pondok pesantren kiranya dapat diarahkan ke sini, “sebutnya.


Dalam kesempatan itu, Yunisra juga memotivasi siswa dalam meningkatkan prestasi belajar untuk meraih cita-cita. Menurutnya modal utama adalah belajar dengan penuh semangat, patuh, disiplin dan rajin beribadah.


“Pidato atau kultum anak kita tadi sangat bagus sekali tentang berbakti pada orangtua. Buatlah orangtua tersenyum karena terharu atas keberhasilan kita, jangan buat mereka menangis karena kelakuan kita atau karena kesal terhadap anaknya, “ungkapnya.


 


Lebih lanjut dikatakan dalam meraih cita-cita yang sangat penting adalah kesungguhan, usaha maksimal dan doa. Menurutnya jangan kenal putus tapi terus semangat.



Yunisra juga menekankan pentingnya mengaplikasikan ilmu-ilmu agama yang diperoleh. Jangan samapai terpengaruh pergaulan bebas, kenakalan remaja, apalagi narkoba.



Di akhir acara Jum’at Berkah itu, Yunisra menyumbangkan satu set rebana, dan hadiah kenang-kenangan kepada majelis guru dan anak –anak yang tampil dalam kultum jumat tersebut. ****tria/ irz